Saturday 23 July 2016

5 Penyebab Khusus BUNGA CABE Gampang RONTOKAN

Bertani cabe memang memiliki tantangan tersendiri bagi seorang petani yang ingin sukses. Bentuk kegagalan panen, atau panen dalam jumlah sedikit seyogyanya patut disyukuri karena itu adalah bentuk dari proses bertani yang telah dijalani. Ingat dalam bertani pun berlaku hukum bahwa sebuah proses tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Beberapa penyebab/kendala/masalah yang sering menimbulkan kegagalan panen salah satu adalah karena tanaman cabe sulit menghasilkan buah, atau dengan kata lain bisa jadi dalam lahan perkebunan cabe, bunga cabenya gampang rontok. Hal ini tentu saja akan berefek buruk bagi perkembangan bunga untuk fertilisasi menghasilkan buah produktif.

Tanaman Cabe Lado Sehat Sudah Mulai Berbunga
Tanaman Cabe Lado Sehat Sudah Mulai Berbunga, Photo Original by: Wahid Priyono (Orang Petani Cabe)

Umumnya, bunga cabe yang gampang rontok banyak disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kerontokan bunga cabe bisa dimungkinkan oleh faktor cuaca dan iklim yang sering berubah-ubah. Terutama pada saat penanaman cabe menginjak musim pancaroba, maka biasanya pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe akan sulit tumbuh optimal; Solusi: Pilihlah waktu tanam cabe yang tepat yakni menginjak musim hujan ke kemarau. 
  • Suhu lingkungan yang kurang mendukung dalam pembungaan tanaman cabe juga menjadi faktor penentu banyak dan sedikitnya bunga yang dihasilkan oleh tanaman cabe. Suhu yang rendah (misal di bawah 5 derajat celcius) juga kurang baik dalam budidaya cabe, sebab pada suhu tersebut enzim di dalam tubuh tanaman kurang optimal bekerja. Enzim dan hormon tumbuhan akan bekerja optimal pada suhu kisaran 38 derajat celcius. Sementara, pada suhu tinggi di atas 55 derajat celcius, biasanya enzim akan mudah mengalami denaturasi (enzim mengalami kerusakan karena suhu yang terlalu tinggi tersebut). Oleh karena itulah, penting sekali bagi seorang petani untuk mengetahui syarat dasar dalam menentukan suhu optimal yang harus diterapkan pada penanaman cabe;
  • Serangan hama dan penyakit. Beberapa jenis hama dan penyakit juga bisa menjadi faktor penyebab bunga cabe gampang sekali mengalami kerontokan. Hama seperti ulat grayak sering kali iseng memakan pada pucuk daun muda, bahkan pada bunga-bunga mudanya seringkali menjadi santapan lezat baginya. Sementara itu, beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur parasit juga sering kali menginfeksi pada bagian bunganya, terutama pada waktu musim hujan. Solusinya adalah anda sebagai seorang petani harus tetap menjaga kebersihan lingkungan tanam cabe, serta bisa memberikan fungsisida dan atau insektisida untuk membunuh hama dan penyakit pada tanaman cabe;
  • Bunga cabe gampang/mudah rontok bisa disebabkan karena kelebihan unsur Nitrogen. Kelebihan unsur hara nitrogen pada tanaman cabe juga dapat mengindikasikan tanaman cabe akan mudah mengalami kerontokan pada area pembungaan. Sementara itu, jika tanaman cabe mengalami defisiensi (kekurangan) unsur hara semisal unsur hara Nitrogen (N), maka tanaman cabe pada organ daunnya mudah mengalami klorosis. Dimana klorosis ini akan menyebabkan pangkal daun menjadi rapuh, serta terganggunya pembentukan pigmen warna klorofil pada daun yang mengakibatkan daun serta bunga di sekitar ketiak daun akan cepat rontok, bahkan tumbuh tidak maksimal; Solusi: berikan tanaman cabe dengan pupuk organik maupun anorganik yang mengandung unsur Nitrogen sesuai dosis dan tentunya disesuaikan dengan dosis yang sesuai;
  • Tanaman cabe kekurangan air (krisis air). Seperti diketahui bahwa air merupakan pelarut alamiah. Air juga berperan dalam berbagai reaksi kimia metabolisme pada tubuh tanaman cabe. Berbagai macam enzim, hormon tumbuhan (fitohormon) semuanya diproses di dalam tubuh tanaman dengan bantuan pelarut air. Air juga berperan dalam pemberian kebugaran fisiologi bagi tanaman supaya tanaman tidak gampang stress (dehidrasi=kekurangan cairan), serta mampu memenuhi kecukupan gizi bagi organ tanaman, seperti akar, batang, bunga, bunga, maupun buahnya. Sebagai penyerapan unsur hara dari tanah yang diangkut secara osmosis oleh akar melalui pembuluh xilem, semuanya tentu dengan bantuan air. Solusi: Lakukan penyiraman tanaman menggunakan air bersih. Penyiraman dapat dilakukan secara rutin sesuai umur tanaman. Baca juga tutorial berikut: Cara Penyiraman Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar.
Itulah tadi 5 point penting penyebab umum mengapa bunga cabe gampang sekali mengalami kerontokan secara massal. Tentu saja dengan mengetahui informasi di atas, semoga dapat memberikan pengetahuan tambahan untuk anda. Jika anda memiliki pandangan berbeda atau masukan, silakan bisa tambahkan informasi anda kepada rekan petani yang lainnya, dengan cara memberikan komentar pada kotak komentar di bawah ini. Silakan baca artikel terkait berikut ini: Bunga dan Daun Cabe Rontok, Beginilah Solusinya.

Artikel Terkait

5 Penyebab Khusus BUNGA CABE Gampang RONTOKAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email