Saturday 23 July 2016

Cara Mengobati BUSUK KUNCUP&BUSUK CABANG Pada CABE

Hama dan penyakit pada tanaman cabe sangat beragam dan variatif (berbeda-beda), sehingga dalam pengendalian hama serta penyakit tersebut harus dilakukan secara bijaksana sehingga didapat hasil yang tepat sesuai diagnosa tanaman yang bersangkutan.

Pada tanaman cabe, ada salah satu organisme parasit yang dapat menyebabkan permasalahan khusus pada tanaman cabe, yakni terjadinya busuk kuncup dan busuk cabang.

Busuk cabang pada tanaman cabe lebih disebabkan karena aktivitas cendawan Phytophthora capsici yang menyerang pada waktu musim penghujan, serta penyebarannya begitu cepat. Sedangkan penyakit busuk kuncup disebabkan karena adanya cendawan Choanosearum sp. Penyakit ini masih jarang ditemukan di Indonesia, akan tetapi di beberapa negara bagian di Asia, seperti Jepang, Vietnam, Hongkong, Laos, Kamboja, penyakit ini sudah sangat terkenal di kalangan para petani horticulture. Gejala dari penyakit busuk kuncup pada tanaman cabe yakni tanaman berwarna hitam dan lama kelamaan akan mati.

Pertumbuhan Tanaman Cabe Sangat Buruk Akibat Busuk Cabang
Pertumbuhan Tanaman Cabe Sangat Buruk Akibat Busuk Cabang, Photo Original by: Wahid Priyono (Orang Petani Cabe).
Cara pengendalian kedua penyakit di atas (busuk cabang dan busuk kuncup) adalah dengan mengurangi dosis pemupukan nitrogen seperti Urea, KCL, dan ZA. Selain itu, pengaturan jarak tanam sangat penting supaya sirkulasi udara berjalan optimal. Kemudian, tanaman yang terinfeksi penyakit yang telah disebutkan tersebut agar segera dicabut dan dibakar. Karena penyakit busuk kuncuk dan busuk batang disebabkan karena aktivitas cendawan/fungi/jamur parasit, maka pengendalian kimiawinya dapat diberikan fungisida yang memiliki perekat. Semoga informasinya berguna untuk anda. Selain itu, silakan baca juga: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Artikel Terkait

Cara Mengobati BUSUK KUNCUP&BUSUK CABANG Pada CABE
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email