Tuesday 6 December 2016

5 Cara Efektif Agar Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Kali ini admin tipspetanicabe akan mencoba mengulas tentang bagaimana agar tanaman cabe tumbuh subur dan berbuah lebat, sehingga akan mendongkrak produktivitas hasil panen cabe yang begitu menjanjikan.

1. Penentuan Lokasi Tanam Cabai

Berdasarkan sharing dengan petani cabe yang telah lalu-lalang membudidaya tanaman cabe (profesional di bidangnya), para petani tersebut telah meyakini bahwa penentuan lokasi tanam cabai juga sangat menentukan tingkat kesuburan tanaman nantinya, serta bagaimana tanaman tersebut akan mampu menghasilkan buah dalam jumlah yang berlimpah (banyak).

Penentuan lokasi tanam harus mempertimbangkan terkait dengan kondisi iklim dan cuaca, jenis tanah serta pH (tingkat keasaman tanah), temperatur lingkungan, kondisi pencahayaan dari asal sinar matahari yang menyinari tanaman sepanjang hari.

Tanaman Cabe Tumbuh Subur dengan Pendangiran dan Penyiangan yang Teratur dan Intensif
Tanaman Cabe Tumbuh Subur dengan Pendangiran dan Penyiangan yang Teratur dan Intensif. Photo Kontributor Oleh: Ichin Sembalun.

Jenis tanah yang paling baik untuk menanam cabe yakni tanah humus, tanah liat berpasir, tanah liar berlempung, tanah gambut, dan tanah-tanah andosol, dan tanah jenis grumosol. Dari tanah-tanah yang telah disebutkan tersebut telah banyak terdapat unsur hara yang memang sudah tersedia, tinggal nantinya waktu proses penanaman dan perawatan dapat ditambahkan dengan pupuk anorganik dan organik supaya hasil budidayanya lebih maksimal.

Akan tetapi, berdasarkan pengalaman saya pribadi, jika saya harus memilih untuk menanam cabe menggunakan pot/wadah polybag dan di ruang tertutup atau di ruang terbuka seperti lahan persawahan, kebun, maka tentu saja saya akan lebih memilih bercocok tanam cabe di daerah/kawasan perkebunan dan lahan persawahan, sebab dari dulu terbukti banyak petani cabe yang sukses untuk berbudidaya cabe di area tersebut.

2. Pemilihan Bibit dan Faktor Semai

Kesuburan tanaman seperti halnya tanaman menjadi lebih kokoh, tumbuh sempurna, baik dan sehat, serta mempunyai banyak daun di tiap ruas batangnya juga merupakan pondasi awal untuk mendapatkan tanaman cabe yang lebih berkualitas. 

Pemilihan bibit juga menjadi kunci utama dalam menentukan seberapa sehat tanaman dan untuk menghasilkan buah nantinya. Pastikan juga bahwa bibit cabai yang anda beli juga harus terbukti bebas dari penyakit, benih bibitnya unggul, sebaiknya belilah bibit dari petani profesional atau di toko bibit yang legal/terverifikasi dan sudah sering dikunjungi oleh banyak pekebun.

3. Pemberian Nutrisi Hara

Untuk tumbuh kembang tanaman cabe agar menjadi lebih baik, maka unsur hara dan air perlu diberikan pada tanaman. Siramlah secara teratur tanaman cabe yang sedang dalam masa pertumbuhan, terutama pada bibit tanam yang baru saja disemai atau dipindahkan ke wadah pot polybag dan di lahan bedengan.

Nutrisi hara yang penting diberikan oleh tanaman cabe seperti pupuk kandang dari kotoran ternak yang telah difermentasikan/dikeringkan, atau dapat menggunakan larutan pupuk phonska cair yang terbukti telah mampu mendongkrak hasil panen cabe supaya lebih gembel (lebat). Cara pembuatan larutan pupuk phonska cair, bisa dibaca pada tutorial berikut ini, klik dan baca: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cairuntuk Tanaman Cabe.

Pemberian nutrisi hara ini harus dilakukan secara teratur disesuaikan juga dengan umur tanam, dan jenis tanah di lokasi penanaman. Baca: 4 Nutrisi Organik Untuk Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Banyak.

4. Lakukan Penggemburan Lahan dan Penyiangan

Cara keempat ini juga tak boleh terlewatkan. Pada lahan tanam cabe yang dibuat dalam bentuk bedengan memanjang tanpa mulsa plastik, sebaiknya lakukan penyiangan/pembersihan rumput liar atau gulma dengan cara dikoret/dibasmi menggunakan herbisida tertentu yang banyak disarankan oleh petani cabe profesional.

Selain penyiangan, lakukan juga proses penggemburan lahan (pendangiran) supaya akar tanaman cabe lebih cepat dalam menyerap unsur hara organik dan air dari atau di dalam tanah. Sebab, telah terbukti bahwa jika lahan tanam cabe dilakukan penggemburan secara teratur dan intensif, maka akan mempercepat dalam pembentukan bunga-bunga tanaman di ketiak daun dan ranting. 

5. Lakukan Perempelan Pada Tunas Aksiler

Tanaman cabai seringkali di bagian ruas-ruas/ketiak batangnya selalu ditumbuhi oleh tunas-tunas aksiler yang tidak produktif dan membuat tanaman lebih sedikit menghasilkan buah. Tunas-tunas ini sebenarnya sangat merugikan tanaman, karena selain kurang mampu menghasilkan buah, juga paling banyak menyerap jatah nutrisi, sehingga organ tanaman lainnnya seperti bunga dan buah kurang tercukupi, dan akhirnya tanaman cabe mendadak kurus, bunga dan buahnya menjadi lebih sedikit.

Dengan melakukan perempelan (membuang 2-3 tunas aksiler/tunas liar) pada batang sampingan di tanaman cabe, tentu saja hal ini akan mampu merangsang tanaman cabe untuk lekas menghasilkan buah yang lebih banyak dan berkualitas. Caranya dapat anda baca pada postingan di website ini: Perempelan, Cara Mempercepat Waktu Panen Cabai Supaya Berbuah Lebat.


Itulah tadi setidaknya ada 5 cara efektif agar pohon cabe subur dan lekas menghasilkan buah yang gembel (banyak). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semuanya. Salam budidaya pertanian, ayo menanam !

Artikel Terkait

5 Cara Efektif Agar Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email