Tuesday 6 December 2016

6-3 JADWAL PEMUPUKAN Tanaman CABE Secara Baik, Tepat., dan Benar

Dari sekian banyak tanaman hortikultura sayur dan buah-buahan, cabe  masih populer dan sering dibudidaya oleh banyak petani di seluruh provinsi di Indonesia. Bukan tanpa alasan, bercocok tanam cabe beserta varietas cabe jenis lainnya memang terbukti mampu mendongkrak hasil panen yang lebih menguntungkan bagi petani nusantara.

Harga cabe nyaris sangat mahal pada waktu-waktu tertentu, dan harganya stabil dibandingkan dengan produk pertanian lainnya. Terkadang jika harga cabai tinggi petani akan diuntungkan berlipat-lipat ganda. Oleh karena itulah, minat masyarakat petani untuk menanam cabe sangat tinggi.

Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Sehat Karena Jadwal Pemupukannya Tepat
Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Sehat Karena Jadwal Pemupukannya Tepat, Photo Kontributor by: Muslehuddien.

Harapan memperoleh hasil panen dan buah cabe yang banyak, lebat, serta berkualitas, tentu saja ada banyak faktor yang mengiringinya supaya memiliki kriteria demikian. Faktor pemupukan juga memegang peranan paling penting dalam pertanian budidaya cabe untuk hasil panen yang lebih optimal, yakni tanaman cabe menjadi subur, tanah/lahan pertanian menjadi gembur dan tercukupi asupan nutisi penting bagi tanaman cabe tersebut.

Banyak dan sedikitnya buah cabe yang dihasilkan juga sangat dipengaruhi oleh faktor pemupukan yang tepat dan terencana, serta disesuaikan dengan umur tanaman, serta kondisi tanah dimana tanaman cabe tersebut ditanam.

Berikut ini jadwal pemupukan pada tanaman cabe yang pernah saya lakukan, dan hasilnya memang cukup memuaskan, dimana tanaman cabenya menjadi lebih subur, daunnya hijau-hijau segar, dan menghasilkan buah lebih banyak (buah cabenya sangat lebat), dan hasil buahnya berbobot (berkualitas tinggi).

Jadwal 1:

Pada jadwal pertama ini, yaitu pemberian pupuk organik dari kotoran ayam yang telah dikeringkan/difermentasikan terlebih dahulu. Pemberian pupuk diberikan pada saat tanaman berumur 1 hari (saat tanam awal).

Tujuan pemberian pupuk dari kotoran ayam karena mengandung banyak unsur Phosfat, Magnesium (Mg), dan Nitrogen (N) yang sangat baik untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman cabe. Pada akhirnya, setelah pemberian pupuk, maka batang dan akar tanaman akan menjadi lebih kokoh/kuat, akar primer dan sekundernya akan tumbuh banyak di pusat tanaman tumbuh, serta akan membuat daunnya menjadi lebih hijau dan segar.

Faktor unsur nitrogen (N) dari kotoran ternak ayam yang terserap pada tanah justru akan menambah unsur hara pada lapisan tanah tertentu, sehingga akan mampu menyimpan cadangan nutrisi hingga pada tahap tanaman sudah mulai menghasilkan bunga dan buah yang sangat lebat.

Jadwal 2:

Jadwal ke-2 ini diberikan larutan pupuk phonska cair yang dibuat sendiri oleh petani. Untuk pembuatan larutan pupuk phonska cair, silakan dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska CairUntuk Tanaman Cabe.

Pemberian pupuk phonska cair pada akar tanaman cabe terbukti ampuh untuk menghasilkan bunga dan buah cabe yang banyak dan berlimpah nantinya. Dan hal ini sudah saya praktekan di kebun cabe rawit saya sendiri. Sekarang giliran anda mencobanya membuat larutan pupuk phonska cair ini.

Jadwal pemberian larutan phonska cair ini yaitu pada saat tanaman sudah berumur sekitar 20 - 25 hari sejak tanam awal. Pastikan anda mengikuti langkah-langkah pembuatan larutan pupuk phonska cair seperti di atas, disitu telah dijelaskan tentang bagaimana cara pemberian/dosis bagi tiap-tiap tanaman cabe yang diberikan phonska cair tersebut.

Jadwal 3:

Pada jadwal ke-3 ini, pemberian pupuk pada kotoran sapi/kambing yang telah dikeringkan/difermentasikan terlebih dahulu. Jadwal pemberian yakni pada saat tanaman cabe berumur 40 - 45 hari menjelang tanaman cabe mengalami pembungaan dan menghasilkan buah untuk segera dipanen.

Cara pemberian pupuknya yaitu dengan cara memberikan 2 genggam pupuk kandang sapi/kambing (pilih salah satu saja) pada tiap-tiap tanaman. Letakan 2 genggam pupuk kandang tersebut tepat berada pada pusat tumbuh tanaman/di bawah akar tanamannya, sembari setelah itu lakukan penyiraman supaya pupuk dapat terserap di dalam tanah.

Jika anda memberikan pupuk sesuai jadwal yang telah dijelaskan di atas, saya akan menjamin penuh bahwa tanaman cabe rawit, cabe hijau, dan jenis cabe lainnya akan jauh lebih produktif, dan tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan tanaman yang subur, tanahnya gembur, serta akan menghasilkan buah cabe yang berbuah lebat, buahnya banyak sekali, bunga-bunganya banyak, serta lebih menguntungkan.


Itulah tadi penjelasan rinci tentang: 3 Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar, sesuai dengan pengalaman yang telah saya lakukan beberapa tahun untuk mendongkrak hasil panen cabe rawit yang sukses dan berbuah banyak. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas bermanfaat. Salam budidaya pertanian, ayo berkebun. Jangan lupa baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terkait

6-3 JADWAL PEMUPUKAN Tanaman CABE Secara Baik, Tepat., dan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email