Saturday 23 July 2016

Cara Menanam CABE MERAH Agar Cepat Berbuah Banyak

Menanam cabe memang membutuhkan perjuangan yang cukup panjang, termasuk pengorbanan untuk berbagai keperluan yang dibutuhkan dalam membudidaya serta merawatnya hingga panen. Ditambah lagi, biaya operasional dalam membudidayanya memang harus secara benar diperhitungkan dan dikalkulasi mendetail supaya biaya yang keluar akan dapat dihitung dengan hasil jual nantinya.

Cabe merah memang sangat baik dibudidaya di lahan tropis seperti di Indonesia. Masyarakat petani di Indonesia lebih menyenangi membudidaya cabe dengan alasan harganya yang cukup fantastis dan cenderung stabil dibandingkan hasil pertanian lainnya. Kadangkala jika harga jual cabe tinggi, maka petani/pekebun akan diuntungkan secara finansial.

Pembudidaya cabe merah cukup marak di Indonesia. Adapun daerah pemasok cabe merah seperti di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Sumatera Utara, dan beberapa daerah di Kalimantan dan Sulawesi. 

Umumnya pembudidayaan cabe merah dilakukan di lahan persawahan dengan alasan aliran irigasi yang cukup terjangkau dan lebih efisien. Selain itu, tak dipungkiri bahwa para pekebun cabe menanam cabenya di lahan pertanian hortikultura khusus tanaman sayur mayur dan buah, atau bisa dilakukan secara tumpang sari, vertikultur, hidroponik, dan biasanya masyarakat khusus perkotaan menanamnya di depan-depan rumah/kebun yang mereka kelola sendiri di sekitaran halaman rumah.

Cabe Merah Berbuah Lebat
Cabe Merah Berbuah Lebat, Photo Original by: Guruilmuan (Tips Petani Cabe).

Sebaiknya anda dapat membaca secara serius pada artikel berikut ini jika anda ingin benar-benar berbisnis cabai merah, silakan klik dan baca: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat berbuah Lebat.

Jika anda mengikuti panduan di atas, saya rasa insya Allah hasil budidaya cabe anda akan semakin bagus dan berkualitas. Apa yang telah ditulis pada panduan di atas semata-mata sebagai saran berbagi informasi terkait pengalaman yang pernah saya lakukan dalam budidaya cabe merah.

Agar hasil pertanian anda semakin berkualitas bagus, jangan lupa tambahkan resep berikut, silakan baca: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terkait

Cara Menanam CABE MERAH Agar Cepat Berbuah Banyak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email